Selasa, 29 Januari 2013

UPS (Uninterruptible Power Supply)



UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memberikan catu sementara ketika listrik dari PLN padam. Gambar 1 menunjukkan bagan sebuah UPS.

 
Gambar 1.  Blok diagram UPS


Ada dua jenis UPS, yaitu UPS non kotinyu dan UPS kontinyu. Pada UPS non kontinyu inverter hanya bekerja bila tidak ada AC input, sedangkan bila ada AC input, output UPS akan dihubungkan langsung dengan AC input tersebut. Pemindahan output UPS dari AC input ke inverter, menggunakan sakelar elektronik dengan waktu transfer sekitar 4 ms. Pada UPS kontinyu, inverter bekerja terus menerus baik ada atau tidak ada AC input, jadi pada output UPS tidak ada transfer
pensakelaran atau dapat dikatakan waktu transfer adalah 0 detik.
Bagianbagian utama UPS yaitu:
  • Rectifier(charger) : Rectifier ini berfungsi sebagai converter tegangan bolakbalik (AC) ketegangan searah (DC) sehingga disebut juga dengan penyearah.Selanjutnya daya DC ini diteruskan ke Inverter.Selain untuk penyearah alat ini juga berfungsi mengisi muatan batterai (mencharger batterai).  
  • Inverter : Kualitas inverter merupakan penentu dari kualitas daya yang dihasilkan oleh suatu sistem UPS. Inverter berfungsi merubah tegangan DC dari rangkaian rectifier-charger menjadi tegangan AC yang berupa sinyal sinus setelah melalui pembentukan gelombang dan rangkaian filter. Tegangan output yang dihasilkan harus stabil baik amplitudo tegangan maupun frekuensinya, distorsi yang rendah, tidak terdapat tegangan transien.
  • Transfer Switch (sakelar pemindah) : Saklar pemindahan ini untuk memilih sumber daya yang tersedia antarasystem bypass dengan system utama UPS. Sistem bypass bekerja jika ada kondisi tidak normal pada elemen UPS. Dalam kondisi normal saklar pemindahan ini terhubung dengan terminal system utama UPS , jika kondisi UPS tidak normal saklar pemisah ini otomatis berpindah keterminal bypass. Saklar pemindahan yang cenderung digunakan yakni:
    •   Saklar statis
    • Saklar elektromekanikal

0 komentar:

Posting Komentar